Sunday, December 22, 2013

A.   Pendahuluan
Albuminuria (disebut juga proteinuria) adalah suatu kondisi di mana urin mengandung terlalu banyak protein. Albumin adalah protein utama dalam darah. Jika dalam darah terdapat albumin, itu berarti ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan albuminuria terjadi. Salah satunya adalah karena sistem sekresi dan ekskresi tubuh manusia yaitu ginjal mengalami kerusakan. Untuk mengetahui albuminuria atau tidaknya, maka dapat dilakukan dengan uji sampel urin.
B.   Percobaan
Praktikum ini bertujuan untuk mengetahui kadar albumin dalam urine.
a)      Alat dan Bahan:
1.          Beaker + air
2.        Tabung reaksi
3.          Urin sampel 1
4.        Urin sampel 2
5.          Hot Plate (with simple waterbath)
6.         Pipet
7.        Penjepit tabung reaksi
8.         Acetate acid (CH3COOH) 0,1 M
9.         Rak tabung reaksi
10.     Measuring cylinder
b)      Langkah Kerja
1.        Sampel urin diambil dengan  pipet tetes dan diukur terlebih dahulu dengan measuring cylinder, dan diambil sebanyak 3 ml. Buat 2 sampel, dan salah satunya sebagai indikator pembanding antara sebelum dan sesudah diteliti.
2.      Dipanaskan beaker yang telah diisi air dengan hot plate sampai mengepul.
3.        Setelah itu, dimasukan 3 ml urin tersebut ke dalam tabung reaksi.
4.      Jepit tabung reaksi lalu dimasukkan ke dalam beaker tadi, dan dipanaskan hingga mendidih 45menit).
5.        Setelah terlihat adanya perubahan berupa adanya molekul putih dalam urin, diangkat, dinginkan sebentar.
6.       diteteskan sebanyak 2 cc (2 tetes) acetate acid 0,1 M ke dalam urin yang telah dipanaskan tadi.
7.      Didiamkan (taruh di rak tabung reaksi) hingga timbul endapan putih.
C.   Hasil Percobaan
Pada akhirnya percobaan ini memberikan hasil adanya perubahan yang terjadi pada sampel urin 1 jika dibandingkan dengan sampel urin 2, berupa banyaknya endapan putih pada dasar tabung reaksi. Itu berarti bahwa pada sampel urin 1 tersebut terdapat albumin di dalamnya. Dengan kata lain pasien 1 yang diuji urinnya tersebut mengalami albuminuria yang dapat mengindikasikan terjadinya gangguan pada ginjal.
D.  Pembahasan
1.   Albumin dan Albuminuria
Albumin merupakan salah satu protein utama dalam tubuh manusia dan menyusun sekitar 60% dari total protein plasma. Kadar albumin normal dalam urine berkisar antara 0-0,04 gr/L/hari. Keberadaan albumin dalam urin dengan jumlah yang melebihi batas normal, dapat mengindikasikan terjadinya gangguan dalam proses metabolisme tubuh.
Proteinuria (disebut juga albuminuria) adalah suatu kondisi di mana urin berisi terlalu banyak protein. Protein yang dibawa oleh darah akan melewati ginjal. Ginjal akan menyaring produk limbah dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti albumin dan protein lain. Namun, protein dari darah dapat tersalurkan ke dalam urin ketika filter ginjal (glomerulus) rusak.
Proteinuria merupakan tanda penyakit ginjal kronis (CKD), yang berkaitan diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit lain yang menyebabkan peradangan pada ginjal. Untuk alasan ini, tes albumin dalam urin merupakan bagian dari penilaian medis rutin bagi semua orang. Penyakit ginjal kadang-kadang disebut penyakit ginjal. Jika CKD berlangsung, maka dapat mengakibatkan stadium akhir penyakit ginjal (ESRD).
2.     Penyebab Albuminuria
Albuminuria umumnya disebabkan karena ginjal rusak akibat diabetes. Umumnya orang yang menderita diabetes tipe 1 berada pada peningkatan risiko mengalami albuminuria. Kondisi lain seperti tekanan darah tinggi, sirosis, gagal jantung atau lupus eritematosus sistemik juga dapat memiliki efek buruk pada ginjal dan menyebabkan albuminuria. Ini akan sulit untuk mendeteksi gejala albuminuria pada tahap awal, tetapi jika dibiarkan tidak terdeteksi, sejumlah besar albumin dapat bocor ke dalam urin dan pasien mungkin mengalami gejala seperti air kencing berbusa, pembengkakan tangan, kaki, perut dan wajah.
3.      Pengobaatan
Jika ginjal rusak, albuminuria akan tinggi, bahkan saat tekanan darah normal. Sejauh ini pengobatan albuminuria memerlukan perawatan intensif. Jika seseorang menderita diabetes dan hipertensi, pengobatan dititikberatkan pada pengendalian kadar glukosa. Mereka yang menderita diabetes dan tekanan darah tinggi mungkin perlu angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor atau angiotensin receptor blocker (ARB) untuk melindungi fungsi ginjal. Dokter mungkin juga meresepkan diuretik tertentu untuk menyingkirkan kelebihan cairan dari tubuh.
Apabila ginjal telah rusak berat (gagal ginjal), itu berarti dapat mengakibatkan terganggunya sistem peredaran darah. Karena berdasarkan fungsi ginjal dalam tubuh, yaitu sebagai regulasi tekanan darah, kontraksi jantung. Apabila rusak, maka orang  tersebut harus diangkat ginjalnya. Untuk selanjutnya transplantasi ginjal adalah pemulihan terbaik, atau jika tidak diangkat ginjalnya, maka cuci darah perlu dilakukan.
E.   Kesimpulan dan Saran
1.     Kesimpulan
Albumin merupakan salah satu protein utama dalam tubuh manusia. Apabila kadar albumin dalam tubuh melebihi batas normal, maka dapat terjadi albuminuria. Albuminuria atau disebut juga proteinuria adalah suatu kondisi di mana urin berisi terlalu banyak protein. Albuminuria dapat terjadi disebabkan oleh terganggunya fungsi ginjal atau bahkan ginjal rusak.
Pengujian albumin dapat dilakukan dengan heating test (memanaskan sampel urin), dimana urin yang telah dipanaskan ditambahkan beberapa tetes acetate acid. Jika setelah ditetesi acetate acid, larutan tidak menunjukkan perubahan warna kemudian setelah itu, tetap berwarna bening kekuningan, hal ini menunjukkan bahwa dalam urin tidak terdapat albumin. Namun yang terjadi adalah adanya endapan albumin. Sehingga pasien tersebut mengalami albuminuria.
2.   Saran
Untuk menghindari kesalahan pada praktikum yang dapat mengakibatkan percobaan diulang untuk kedua kalinya, sebaiknya praktikum ini dibimbing meskipun sudah terdapat flow diagram secara garis besar yang dijadikan sebagai pedoman dalam praktikum.

DAFTAR PUSTAKA
Muray, K. Robert, et al., eds. 1999. a LANGE medical book Harper’s Biochemistry, 25th ed. USA: Lange.

Proteinuria in National Kidney and Urologic Diseases Information Clearing House (NIKUDIC), a service of the National Institute of Diabetes, Digestive and Kidney Diseases (NIDDK). Diakses dari:  http://kidney.niddk.nih.gov  (17 Oktober 2010)

6 comments:

  1. Cann you find anything that could punch holes in it.
    You can build up your village and live a peaceful existence.
    "But my dear - Fatima," said he, "you can enjoy yourself in my absence, in any way that you please.

    My web blog castle clash cheats

    ReplyDelete
  2. With the information you've seen here, yyou have the tools to Maximize Youur Potential In Network Marketing.
    It’s ass if Apple reached dowsn in a God-like fashion, grabbed
    Twitter with iits almighty hand and lifted itt up
    to tthe social networking heavens. Invite can provide thnis functionality to a Drupal website using its Invite a Friend Feature to allow users of a Drupal
    website tto send and track invitations.

    Here is my web page woozworld cheats

    ReplyDelete
  3. All resorts near Manali are located at beautiful
    locations like mountains and river side. First, a Four-Point Glossary of Seclnd Liffe Linggo "in-world" pertains too things in
    Second Life. After many years of serving the Red Deerr area, we
    feel confident that Pegasus Builders Ltd would be your BUILDER OF CHOICE.



    my homepage - megapolis hack android download
    ()

    ReplyDelete
  4. Hanzo replied that he wasn'tin charge of anything other than
    the shinobi. In Marsabit and Samburu districts, the Samburu and Rendile
    regularly fight it out with the Borana over grazing land and water resources.
    This gamne also took place outside of the Mushroom Kingdom and also the oonly 3D Supsr Mario game nnot to feature Bowser as the main villain.


    Feel free to surf to my web page ... clash of clans cheats
    no survey; ,

    ReplyDelete
  5. And, if they are competition, is the growing popularity
    of social networking games a threat to the traditional gaming industry.
    90s and noughties: nnow companies arre striving to find
    common ground with their customers, so they can plug themselves into the fruitful social environment that has been created
    byy the Internet and its major networkng sites.
    At launch, Ping had Facebook integration, but a disagreement
    between the two companies resulted in Facebook integratipn being removed, much to the detriment of Ping’s success.


    Look nto my weblog; woozworld cheats

    ReplyDelete
  6. Rabbits lke to sit on their hay and chew on it while they rest.
    Everybody's trying to does one in' [1], they will need to have been referning to
    hay day cheats. Reach Time - Reach Time (RT) is the time it takes
    for your message to reach your intended audience.

    Also visit my site: cheats for hay day

    ReplyDelete

Aybsth. Powered by Blogger.