Wednesday, February 19, 2014

Biomolekul tersusun dari rangkaian unsur menjadi mikromolekul, makromolekul, dan supramolekul. Kemudian supramolekul tersebut akan bergabung menjadi organel, sel, jaringan, organ, dan sistem organ hingga terakhir membentuk suatu individu.
·        Unsur
Zat kimia yang paling utama. zat dasar yang tidak dapat diuarai menjadi zat yang lebih sederhana dengan cara kimia.
1.       Ada 92 unsur yang terjadi secara alami dan ditambah dengan unsur buatan (sekitar 16).
2.      Dari semua unsur yang terjadi secara alami, enam diantaranya, yaitu sulfur (S), fosfor (P), oksigen (O), nitrogen (N), karbon (C), dan hidrogen  (H) membentuk 99% benda hidup.
·        Atom
Merupakan  bagian terkecil dari unsur yang mempertahankan sifat-sifat kimianya yang khas. Atom terdiri dari 3 partikel sub-atom dasar yaitu proton, elektron, dan neutron, yang berbeda dalam massa, muatan listrik, dan letaknya dalam atom. Proton dan neutron terletak dalam nukleus, sedangkan elektron bergerak mengelilingi nukleus pada bidang elektron.
a.       Proton membawa satu unit muatan listrik positif.
b.       Elektron membawa satu unit muatan listrik dan berfungsi sebagai pengikata antar atom. Massanya lebih kecil dari proton dan neutron.
c.       Neutron adalah suatu partikel yang tidak bermuatan dan massanya sama dengan massa proton.
·        Molekul
Suatu kombinasi kimia dari dua atau lebih atom yang membentuk zat kimia spesifik. Satu molekul adalah dua atom atau lebih yang bergabung akibat gaya tarik yang disebut ikatan kimia.
·        Mikromolekul
Tersusun atas molekuk-molekul kecil. Dimana molekul tersebut dipersatukan oleh ikatan kimia seperti monosakarida, asam amino, asam lemak, nukleotida, dan lain sebagainya.
·        Makromolekul
Merupakan molekul yang sangat besar, mempunyai struktur rantai polimerik dari molekul kecil seperti protein, polisakarida/karbohidrat, lipid kompleks, asam nukleat, dan juga polimer alamiah-sintetis lain.
·        Supramolekul
Gabungan dari makromolekul, seperti membran plasma, membran sel, kromosom, membran dari apparatus golgi, dan lain sebagainya.
·        Organel
Organel adalah komponen yang ditemukan dalam semua sel dan dipandang sebagai organ intern yang secara metabolik aktif melakukan fungsi spesifik penting.
·        Sel
Merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari tubuh makhluk hidup. Badan sel memiliki empat bagian dasar, yaitu membran sel (membran plasma), sitoplasma (protoplasma sel), organel sitoplasma (struktur tetap yang melakukan fungsi metabolik spesifik), dan nukleus (tempat materi genetik berada).
·        Jaringan
Sekelompok sel dengan struktur yang sama secara struktural yang mengalami spesialisasi untuk melakukan fungsi yang tertentu. Terdapat  empat jaringan dasar pada tubuh manusia, yaitu jaringan epitel, jaringan otot, jaringan ikat, dan jaringan saraf.
·        Organ
Terbentuk dari dua jaringan atau lebih, yang bergabung dan berfungsi sebagai pusat fisiologi khusus untuk aktivitas tubuh.
·        Sistem organ
Beberapa organ bekerja sama untuk melakukan fungsi yang saling berkaitan, maka organ-organ tersebut membentuk suatu sistem organ.
·        Individu
Keseluruhan sistem organ membentuk individu.

0 komentar:

Post a Comment

Aybsth. Powered by Blogger.