Friday, January 31, 2014

Seven Star Doctor
  1. Care provider
  2. Communicator
  3.  Community leader
  4. Decision Maker
  5. Manager
  6. Researcher
  7.  Iman dan takwa

DOKTER CEPAT DAN TEPAT
Dokter sebagai pelayan masyarakat yang selalu akan dihadapkan pada suatu masalah harus dapat bertindak cepat dan tepat. Apa treatment yang akan digunakan, bagaimana pendekatan terhadap pasien, dan juga berpikir kedepan apa kira-kira dampak positif dan negative dari pengobatan yang diberikan. Dokter sangat bertanggung jawab atas nyawa seorang pasien, waktu satu detik dan satu keputusan yang diambil bisa berujung pada kesehatan atau pun kematian pasien.
DECISION MAKER
Merupakan suatu pendekatan sistematis terhadap suatu masalah dengan pengumpulan data serta fakta untuk menghasilkan suatu alternatif dan tindakan. Sifat-sifat yang dimiliki pengambilan keputusan:
1. Pemecahan masalah
Decision making dilakukan dalam rangka problem solving
2.Penentuan alternative
Dalam prosesnya sebelum menjatuhkan pada satu pilihan tindakan , seorang decision maker dituntuk membuat alternative pilihan secara kreatif dengan berbagai pendekatan .
3. Dilakukan satu kali
Decision making umumnya dilakukan satu kali terhadap suatu masalah , keputusan bersifat tidak dapat ditarik kembali .
4.Mengandung resiko
Suatu keputusan pastilah mengandung resiko , ada dampak positif dan negative . Tidak ada dari suatu keputusan yang bersifat ideal dan bersifat positif saja . sehingga seorang decision maker harus menimbang terlebih dahulu dampak positif dan negative suatu keputusan .
Rumus Keputusan yang efektif
Efective decision = Kualitas (keputusan) x Acceptability (penerimaan)
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN 
1. Define problem
Tentukan terlebih dahulu permasalahan yang ingin diselesaikan. Tentukan juga metode pengambilan keputusan dan target dari pengambilan keputusan (kira-kira ingin hasil seperti apa yang dihasilkan dari keputusan yang diambil) 
2. Make Alternative
Dari permasalahan yang ada buatlah alternative pemecahannya.
 3. Make Criteria
Dari alternative yang dibuat mulailah melakukan berbagai pendekatan untuk menimbang setiap keputusan yang akan diambil. Contohnya ditinjau dari segi positif dan negative, dari SWOT tiap alternative, dari biaya, dari ketersediaan SDM, dari tinjauan waktu, dari segi tanggung jawab sebelum dan sesudah pengambilan keputusan , dan adanya factor internal serta eksternal yang dapat berpengaruh
4. Make decision
Dari segenap pilihan pilihlah satu yang efektif. Tidak berupa keputusan saja tapi diikuti rencana implementasi dari keputusan tersebut, bagaimana tahapan realisasi dari suatu keputusan yang diambil.
DASAR Pengambilan Keputusan
Keputusan dapat diambil berdasarkan beberapa hal diantaranya :
  1. Intuisi
  2. Wewenang
  3. Fakta
  4. Rasional
  5. Pengalaman

METODE PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1. Kewenangan tanpa diskusi
Biasanya dimiliki seseorang yang memiliki jabatan tertentu untuk memutuskan sesuatu dalam organisasi / badan yang dipimpinnya . Atau keputusan yang bersifat personal/pribadi. Biasanya factor waktu yang sempit dapat menjadi alasan metode seperti ini diambil
2. Pendapat ahli
Seorang decision maker meminta pendapat ahli dalam bidang tertentu untuk membantu proses pengambilan keputusan.
3. Kewenangan setelah diskusi
Musyarwarah untuk menentukan keputusan. Bersifat lebih demokratis akan tetapi membutuhkan waktu yang lama dan riskan banyaknya kepentingan yang turut serta dalam pengambilan keputusan. 

0 komentar:

Post a Comment

Aybsth. Powered by Blogger.